Klub Tionghoa Juarai Kompetisi Lokal Perdana Bentukan VCO

0
Foto : Tangkapan layar arsip RSSF tabel hasil kompetisi lokal perdana di Cirebon bentukan VCO

Voetbalbond Cheribon en Omstreken (VCO) adalah bagian dari sejarah panjang sepakbola di Kota Cirebon. Klub ini dibentuk pada era kolonial. VCO menjadi anggota Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU).

Tim sepakbolacirebon menelusuri informasi tentang pembentukan VCO. Koran Lokomotif terbitan 30 Maret 1932 dalam arsip Delpher menyebutkan, VCO dibentuk oleh lima klub lokal asal Cirebon, TNH, EMM, Petrels, Stromvogels dan Zwer te Ster en Liang Lwe Hieo.

Menurut arsip RSSSF, VCO sempat ikut terlibat dalam gerakan pemberontakan untuk di Jawa Barat bersama Batavia, Sukabumi, Bandung dan lainnya pada 1934. Klub-klub ini menyepakati untuk menggelar turnamen regional atau lokal di masing-masing daerah. Turnamen ini di bawah naungan West Java Voetbal Federatie.

Dalam arsip tersebut, VCO menggelar turnamen perdananya pada Agustus 1934. Sebanyak 10 klun lokal asal Cirebon yang berlaga dalam turnamen tersebut. Berikut daftar 10 klub lokal yang berpartisipasi :

1.T.N.H.
2.E.M.M.
3.Annasr
4.Hua Chiao
5.C.M.F.T.
6.Stormvogels
7.V.O.G.E.L.
8.M.F.A.
9.Geel-Wit
10.P.S.C.

T.N.H yang merupakan klub perwakilan Tionghoa berhasil menjadi kampiun dalam turnamen lokal perdana bentukan VCO. Sementara itu, Liang Yu Hwee mundur setelah memainkan lima pertandingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here